Rabu, 01 Juni 2011

Konsep YIN-YANG

Konsep YIN-YANG atau YINYANG (Hanzi: 陰陽) berasal dari filsafat Cina dan Metafisika kuno yang menjelaskan setiap benda di alam semesta memiliki polaritas abadi berupa dua kekuatan utama yang selalu berlawanan tapi selalu melengkapi. YIN bersifat pasif, sedih, gelap, feminim, responsif dan dikaitkan dengan malam serta disimbolkan dengan air. YANG bersifat aktif, terang, maskulin, agresif, dan dikaitkan dengan siang serta disimbolkan dengan api.

YIN dan YANG adalah 2 elemen yang saling melengkapi. Setiap kekuatan di alam dianggap memiliki keadaan YIN dan YANG.

Kemungkinan besar teori YIN dan YANG berasal dari ajaran agama agraris zaman kuno. Konsep YIN-YANG dikenal dalam Taoisme dan Konfusianisme, walaupun kata YIN-YANG hanya muncul sekali dalam kitab Tao Te Ching yan gpenuh dengan contoh dan penjelasan tentang konsep keseimbangan.

Konsep YIN-YANG merupakan prinsip dasar dalam ilmu pengobatan tradisional Cina yang menetapkan setiap organ tubuh memiliki YIN dan YANG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

image

Lorem ipsum dolor sit

Aliquam sit amet urna quis quam ornare pretium. Cras pellentesque interdum nibh non tristique. Pellentesque et velit non urna auctor porttitor.

image

Nunc dignissim accumsan

Vestibulum pretium convallis diam sit amet vestibulum. Etiam non est eget leo luctus bibendum. Integer pretium, odio at scelerisque congue.