Rabu, 08 Juni 2011

10 Kiat Sukses Mencapai Target

Hidup perlu punya tujuan dan Kita perlu menargetkan apa saja yang kita inginkan, apa yang ingin kita raih untuk meningkatkan kualitas hidup kita.
Berikut adalah 10 resep sukses untuk mencapai target yang telah kita tetapkan..
  1.  Tulislah target yang kita ingin raih dengan jelas dan terperinci. Misalnya, target fasih berbicara dalam bahasa inggris, menurunkan berat badan 8 Kg ' lebih jelas daripada ingin kurus' dan sebagainya. kita perlu menuliskannya di buku diari atau jika diperlukan kita buat tulisan besar dan letakkan di sebelah cermin tempat kita biasa bercermin agar lebih sering membaca dan mengingatnya. Jangan malas ataupun malu untuk menuliskannya karena ini adalah langkah awal yang penting bagi kita. Banyak orang gagal dalam hidup karena tidak pernah menentukan target dan tujuan hidupnya dengan jelas dan serius.
  2. Tetaplkanlah berapa lama waktu yang kita perlukan untuk mencapai target tersebut. Tentunya kita harus realistis dalam menentukan jangka waktunya, jangan menetapkan target dalam waktu singkat karena resiko gagal nya cukup besar dari segi kesiapan mental kita, tapi juga jangan menetapkan waktu yang terlalu lama karena hal itu akan membuat kita terlalu santai  dan bisa menimbulkan rasa malas di tengah perjalanan. Misalnya,Kita menetapkan target untuk lulus S1 dengan gelar S.Kom dalam jangka waktu 4 tahun "wajar", tapi kalau untuk menurunkan berat badan seberat 5 Kg cukup dalam waktu 4 bulan saja jangan 4 tahun. (^_^)
  3. Tetapkan dan lakukanlah langkah-langkah  yang harus kita ambil untuk mencapai target yang telah kita buat "cukup garis besarnya dulu" agar target dan langkah-langkahnya itu tidak hanya menjadi angan-angan di fikiran kita. Misalnya, Kita ingin menjadi programer Website dan seorang motivator, maka kita bisa memulainya dengan menetapkan dimana kita belajar tentang 2 hal tersebut, berapa kali dalam seminggu kita mempelajarinya dan  buku atau media apa saja yang kita perlukan untuk belajar tentang hal tersebut dan yang paling utama LAKUKANLAH!!
  4. Ingatkan diri kita sesering mungkin terhadap apa yang sudah kita targetkan. Jangan biarkan semua target yang sudah kita tetapkan hanya tertulis dalam buku atau terpampang di sebelah cermin dan kemudian terlupakan seiring berjalannya waktu. Banyak orang yang ingin melakukan ini dan itu namun tidak berbuat apa-apa untuk mencapainya dan pada akhirnya mereka menjadi frustasi karena ulah diri mereka sendiri.
  5. Beritahukan target kita kepada keluarga, teman dekat atau kekasih "bila punya". Biarkan mereka mengetahui target tersebut dan mengingatkan kita bila kita lupa, mengkritik dan mendorong semangat kita bila kita sedang layu. Memberitahukan target ini bukan semata-mata agar mereka tau atau mengingatkan kita, tapi ini bermaksud agar semangat kita lebih terpacu untuk melakukan apa yang sudah kita katakan terhadap orang lain "karena kodrat manusia tidak ingin dikatakan sebagai MUNAFIK yang hanya pandai berbicara namun tidak melakukan apa-apa". Tapi ingat! Jangan katakan apapun kepada mereka yang tidak suka melihat kemajuan kita karena itu hanya akan menghambat kita dalam mencapai target.
  6. Motivasi diri kita untuk berusaha secara optimal. Jangan biarkan hari-hari berlalu tanpa tindakan yang nyata. Jika diperlukan tempelkan tujuan dan target kita tadi di samping cermin tempat kita biasa bercermin atau buku favorit kita, bila jarang bercermin atau tidak punya buku favorit maka letakkan di tempat dimana kita bisa melihat,membaca dan mengingatnya dengan jelas.
  7. Evaluasilah kemajuan yang kita capai secara berkala. Dengan maksud agar kita bisa menjaga apa yang sudah stabil dan meningkatkan pada bagian mana yang merlukan pemikiran dan tindakan tambahan. Namun, bila kita tidak melihat adanya kemajuan jangan kecewa!. Yang penting kita berusaha dan terus berusaha semaksimal kita bisa untuk mencapai target.
  8. Jangan mudah menyerah ketika kita mengalami banya hambatan baik dari luar maupun dari dalam diri. Sangat manusiawi sekali kalau suatu saat kita merasa sedih, kecewa dan kurang semangat untuk melanjutkan perjuangan kita dalam mencapai target. Namun jangan biarkan perasaan itu menggagalkan niat kita untuk meraih apa yan gsudah kita targetkan, Ingatlah kembali dasar-dasar kita membuat target itu, ingatlah tujuan kita membuat target itu dan percayalah bahwa dengan tercapainya target itu akan membuat hidup kita menjadi lebih baik.
  9. Pergunakan imajinasi untuk membantu mewujudkan target kita. Sesekali baik bagi kita untuk membayangkan bagaimana bila kita sudah mencapai apa yang telah kita targetkan. Jika kita benar-benar berupaya untuk mewujudkan target yang telah kita ciptakan, maka imajinasi ini akan sangat membantu dalam membentuk mental kita sebagai sang-juara. Namun, Sebaliknya bila kita terlalu sering atau bahkan tidak pernah berimajinasi maka itu akan membuat apa yang kita tulis tadi sebagai hal yang kurang mengesankan sehingga hanya berupa khayalan belaka dan memicu muculnya pemikiran 'untuk apa melakukan itu semua? atau khayalanku indah, seandainya saja...seandainya saja..dan seandainya saja'.
  10. Rayakanlah setiap kemajuan dan keberhaasilan yang telah kita raih. Karena keberhasilan-keberhasilan ini yang akan memacu kita untuk mencapai target-target lain yang lebih besar dan lebih mulia.
Sungguh membanggakan bila kita dapat meraih banyak hal yang telah kita targetkan dalam hidup kita sendiri.

SELAMAT BERJUANG UNTUK MENCAPAI TARGET HIDUP YANG LEBIH BAIK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

image

Lorem ipsum dolor sit

Aliquam sit amet urna quis quam ornare pretium. Cras pellentesque interdum nibh non tristique. Pellentesque et velit non urna auctor porttitor.

image

Nunc dignissim accumsan

Vestibulum pretium convallis diam sit amet vestibulum. Etiam non est eget leo luctus bibendum. Integer pretium, odio at scelerisque congue.