Selasa, 07 Juni 2011

7 Kebiasaan yang MEMPERKAYA HIDUP

1. Kebiasaan Mengucap Syukur.
          Ini adalah kebiasaaan istimewa yang bisa mengubah hidup selalu menjadi lebih baik. Bahkan agama mendorong kita bersyukur tidak saja untuk hal-hal yang baik, tapi juga untuk kesusahan dan hari-hari yang buruk. Ada rahasia besar di balik ucapan syukur yang sudah terbukti sepanjang sejarah. Hellen Keller yang buta dan tuli sejak usia 2th, telah menjadi orang yang terkenal dan dikagumi di seluruh dunia. Salah satu ucapannya yang banyak memotivasi orang adalah "Aku bersyukur atas cacat-cacat ini aku menemukan diriku, pekerjaanku dan Tuhanku". Memang sulit untuk bersyukur, namun kita bisa belajar secara bertahap. Mulailah mensyukuri berkat, kesehatan, keluarga, sahabat dan sebagainya. Lama-kelamaan anda bahkan bisa bersyukur atas kesusahan dan situasi yang buruk.
2. Kebiasaan Berfikir Positif.
      Hidup kita dibentuk oleh apa yang paling sering kita pikirkan. Kalu selalu berfikiran positif, kita cenderung menjadi pribadi yang positif. Ciri-ciri dari pikiran yang positif selalu mengarah pada kebenaran, kebaikan, kasih sayang, harapan dan sukacita. Sering-seringlah memantau apa yang sedang anda pikirkan. Kalau anda terbenam dalam pikiran negatif, kendalikanlah segera ke arah yang positif. Jadikanlah berfikir positif sebagai kebiasaan dan lihatlah betapa banyak hal-hal positif yang akan anda alami.
 3. Kebiasaan Berempati.
        Kemampuan berhubungan dengan orang  lain merupakan kelebihan yang dimiliki oleh banyak orang yang sukses. Dan salah satu unsur penting dalam berhubungan dengan orang lain adalah empati, kemampuan atau kepekaan untuk memandang dari sudut pandang orang lain. Orang yang empati bahkan bisa merasakan perasaan orang lain, mengerti keinginan orang lain dan menangkap motif yang tersembunyi dari balik sikap orang lain. Ini berlawanan sekali dengan sifat egois, yan gjustru menuntut diperhatikan dan dimengerti oleh orang lain. Meskipun tidak semua orang mudah berempati, namun kita bisa belajar dengan membiasakan diri melakukan tindakan-tindakan yang empatik. Misalnya , Jadilah pendengar yang baik, Belajarlah menempatkan diri pada posisi orang lain, belajarlah melakukan apa yang anda ingin orang lain lakukan kepada anda, dan sebagainya.
4. Kebiasaan Mendahulukan Yang Penting.
            Pikirkanlah apa saja yang paling penting dan dahulukanlah! Jangan biarkan hidup anda terjebak dalam hal-hal yang tidak pentig sementara hal-hal yang penting terabaikan. Mulailah memilah-milah mana yang tidak penting dan mana yang penting untuk dilakukan, mana yang perlu dan mana yang tidak perlu, mana yang perlu segera dikerjakan dan mana yang bisa di tunda. Waspadalah!! Ketika anda melakukan kebiasaan yang merusak, ketika anda melakukan sesuatu yang sia-sia, ketika anda memikirkan hal-hal yang tidak berguna. Kebiasaan mendahulukan yang penting akan membuat hidup anda menjadi lebih efekti dan produktif dan meningkatkan citra diri anda secara signifikan.
5. Kebiasaan Bertindak "TALK LESS DO MORE"
          Bila anda sudah mempunyai pengetahuan, sudah mempunyai tujuan yang hendak dicapai dan sudah mempunyai kesadaran mengenai apa yang harus dilakukan, maka langkah berikutnya adalah bertindak. Biasakan diri anda untuk bertindak, hargai waktu, jangan menunda apa yang bisa anda lakukan sekarang, raihlah apa yang anda inginkan, lawanlah perasaan malas dan pasif. Banyak orang yang gagal dalam hidup karena hanya mempunyai impian dan hanya mempunyai tujuan tapi tidak mau bertindak atau melangkah untuk meraih imppian dan tujuan tersebut.
6. Kebiasaan Menabur Benih
           Prinsip tabur-tuai ini berlaku dalam kehidupan. Pada waktunya anda menuai apa yang anda tabur. Bayangkanlah, betapa kayanya hidup anda bila anda selalu menabur benih kebaikan. Tapi sebaliknya, betapa miskinnya hidup anda bila anda rajin menebar benih keburukan.
7. Kebiasaan Hidup Jujur.
             Tanpa jujur, kita tidak bisa menjadi pribadi yang utuh. Bila tidak jujur, anda sedang merusak harga diri dan masa depan anda sendiri. Mulailah membiasakan diri bersikap jujur, tidak saja kepada orang lain, tapi juga kepada diri sendiri. Bila selama ini anda selalu bersembunyi dibalik alasan, mulailah katakan kebenaran, meskipun mengandung resiko. Bila anda hobi berbohong, kendalikanlah kebohongan anda sedikit demi sedikit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

image

Lorem ipsum dolor sit

Aliquam sit amet urna quis quam ornare pretium. Cras pellentesque interdum nibh non tristique. Pellentesque et velit non urna auctor porttitor.

image

Nunc dignissim accumsan

Vestibulum pretium convallis diam sit amet vestibulum. Etiam non est eget leo luctus bibendum. Integer pretium, odio at scelerisque congue.