Kamis, 29 September 2011

Meditasi Sederhana

Menyediakan waktu untuk diam dan hening adalah cara terbaik menciptakan kedamaian dalam diri. Belakangan orang menyebutnya meditasi dan berpengaruh langsung terhadap kesehatan jasman

Melakukan meditasi tidak perlu keahlian khusus. Setiap orang bisa melakukannya dan efeknya pun akan sama.

Guru meditasi sekaligus penulis buku Awake in the Wild Mark Colemen memberikan beberapa langkah mudah untuk Anda bermeditasi.

Pertama, duduklah senyaman mungkin dengan kaki dilipat (bersilang). Usahakan posisi senyaman dan serileks mungkin. Kemudian pejamkan mata dan pusatkan perhatian ke arah ujung hidung Anda.

Bernafaslah dengan tenang dan teratur. Rasakan hembusan nafas Anda masuk dan keluar secara perlahan tapi pasti dari lubang hidung. Buat semudah mungkin saat bernafas, jangan ada yang dimanipulasi.

Satukan konsentrasi di setiap hela napas Anda. Tetap rileks dan terus berjaga-jaga seolah itu adalah pertama kalinya Anda bernapas, kemudian berhasil dan harus mengulangnya lagi.

Jika perhatian Anda sudah mulai buyar atau menghilang perlahan, kembalilah ke sensasi pernafasan tadi. Anda masih memiliki kemampuan untuk kembali dan memperdalam ini secara konsisten dibanding yang tadi.

Lakukan ini selama sepuluh menit satu atau dua kali perharinya. Ini bisa Anda lakukan saat bangun tidur si pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.

Sumber :sehatnews

1 komentar:

Tuti Alawiyah mengatakan...

Sering aku lihat dia nglakuin hal macam begini...
mmmm nma'a meditasi yaaa

Thank's yaa guys, dah share

Posting Komentar

image

Lorem ipsum dolor sit

Aliquam sit amet urna quis quam ornare pretium. Cras pellentesque interdum nibh non tristique. Pellentesque et velit non urna auctor porttitor.

image

Nunc dignissim accumsan

Vestibulum pretium convallis diam sit amet vestibulum. Etiam non est eget leo luctus bibendum. Integer pretium, odio at scelerisque congue.